Rabu, 27 Mei 2015

Manfaat Media Pembelajaran



1.    Penyampaian pelajaran menjadi lebih baku. Setiap pelajar yang melihat atau mendengar penyajian melalui media menerima pesan yang sama. Meskipun para guru menafsirkan isi pelajaran dengan cara yang berbeda-beda, dengan penggunaan media ragam hasil tafsiran itu dapat dikurangai sehingga informasi yang dapat disampaikan kepada siswa sebagai landasan untuk pengkajian, latihan, dan aplikasi lebih lanjut.

2.    Pembelajaran lebih menarik. Media dapat diasosiasikan sebagai penarik pelatihan dan membuat siswa tetap terjaga dan memperhatikan. Kejelasan dan keruntutan pesan, daya tarik image yang berubah-ubah, penggunaan efek khusus yang dapat menimbulkan keingintahuan menyebabkan siswa tertawa dan berpikir, yang kesemuannya menunjukkan bahwa media memiliki aspek motivasi dan meningkatlkan minat.

3.    Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan diterapkan teori belajar dan prinsip-prinsip psikologis yang diterima dalam hal partisipasi siswa, unpan balik dan penguatan.

4.    Lama waktu belajar diperlukan dapat dipersingkat karena kebanyakan media hanya memerlukan waktu singkat untuk mengantarkan pesan-pesan dan isi pelajaran dalam jumlah yang cukup banyak dan kemungkinannya dapat diserap oleh siswa.

5.    Kualitas hasil belajar dapat ditingkatkan apabila kata dan gambar sebagai media pembelajaran dapat mengkomunikasikan elemen-elemen pengetahuan dengan cara yang terorganisasikan, dengan baik, spesifik, dan jelas.

6.    Pembelajaran dapat diberikan kapan dan dimana, di inginkan atau diperlukan terutama jika media pembelajaran dirancang untuk penggunaan secara individu.

7.    Peran guru dapat berubah arah yag lebih positif beban guru untuk penjelasan yang berulang-ulang mengenai isi pelajaran dapat memusatkan perhatian kepada aspek penting lain dalam proses belajar mengajar misalnya sebagai konsultan atau penasihat siswa.


 Mata Kuliah : Pembelajaran Pkn SD
 Dosen           : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar