Pertama
Kali Mengajar & Memasuki Kelas
Sebelum
mengajar saya harus mempunyai RPP & Silabus agar proses pembelajaran
terstuktur dan menentukan strategi , model , dan metode yang sesuai dan cocok
dengan materi pelajaran tersebut. Strategi adalah suatu kegiatan pembelajaran
yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran di capai secara
efektif dan efesien .
Macam-mancam Strategi
Pembelajaran :
-
Strategi Pembelajaran Berorientasis
Aktivitas Siswa
-
Strategi Pembelajaran Ekspositori
-
Strategi Pembelajaran Inkuiri
-
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
-
Strategi Pembelajaran Peningkatan
Kemampuan Berpikir
-
Strategi Pembelajaran Kooperatif
-
Strategi Pembelajaran Kontekstual
-
Strategi Pembelajaran Afektif
Model
Pembelajaran adalah kerangka
konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan
pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi
sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam
merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Macam-macam
Model Pembelajaran :
-
Kooperatif Type
-
Kontekstual
-
Number Head To gether
-
Jigsaw
-
Make a Match
-
Think Pair & Share
-
Role Playing dll.
Metode pembelajaran adalah cara-cara
menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses
pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.
Macam-macam Metode
Pembelajaran :
-
Metode Ceramah
-
Metode Diskusi
-
Metode Demonstrasi
-
Metode Resitasi
-
Metode Eksperimental
-
Metode Ceramah Plus
-
Metode Study Tour
-
Metode Latihan Keterampilan dll.
Ketika saya menjadi guru yang pertama kali memasuki kelas dan mengajar. Pertama-tama
memasuki kelas saya mengucapkan salam dengan saya tersenyum anak akan merasa bangga melihat saya , menanyakan siswa sudah sarapan atau belum dan
menanyakan kabar mereka kemudian sebelum memasuki pembelajaran saya meminta
ketua kelas untuk memimpin doa sebelum belajar, setelah berdoa saya mengabsen
siswa, dan saya memperkenalkan diri nya kepada siswa bercerita sedikit
pengalamannya saya, kemudian saya berkenalan dengan murid-murid tersebut menanyakan nama , tempat tinggal , usia , hobby dll, kemudian sebelum
pembelajaran di mulai saya sebagai guru mengkondisikan kelas agar tenang dan semangat dalam
proses pembelajaran yaitu dengan melakukan ice breaking / pendinginan seperti bernyanyi bermain terlebih dahulu agar mereka merasa senang belajar dengan saya dan tidak bosan tetapi saya sebagai guru yang baru pertama kali mengajar dan memasuki kelas sangat grogi tetapi saya berusaha menutupi itu semua . Setelah
melakukan pendinginan / ice breaking saya menyampaikan materi hari ini dan
tujuan pembelajarannya. saya menjelaskan materi tersebut tidak hanya saya sebagai guru
yang berbicara atau pun ceramah tetapi peserta didik harus terlibat dalam
proses pembelajaran tesebut agar tercapai pembelajaran efektif, efesien dan
bermakna karena mereka adalah pusat dari kegiatan pembelajaran serta
pembentukan kompetensi dan karakter. Peserta didik harus dilibatkan dalam tanya
jawab yang terarah dan mencari pemecahan masalah terhadap berbagai masalah
pembelajaran. Guru hanya sebagai fasilitator, sumber belajar tidak hanya dari
buku saja , tetapi yang dekat dengan kita bisa dijadikan sumber belajar seperti
di lingkungan sekolah , masyarakat dll , dengan menggunakan media audio visual
, gambar, video atau terjun langsung (praktek) akan lebih bermakna dan
mengingat dibandingkan hanya penjelasan saja tanpa melihat langsung/nyata .
Bisa juga menggunakan strategi koperatif yaitu dengan pengelompokkan tim
(diskusi) dengan diskusi siswa saling memotivasi dan saling bertukar pikiran
tidak membeda-bedakan dengan yang lainnya. Siswa di kelompokan 2-5 orang per
kelompok kemudian mereka mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru dan
mempresentasikannya di depan kelas , kemudian guru menilai siswa dengan tes
atau kuis baik secara individu atau kelompok , tes individual nantinya akan
memberikan informasi setiap siswa dan tes kelompok akan memberikan informasi
kemampuan setiap kelompok. Pengakuan tim yang di anggap paling menonjol atau yang
paling berprestasi akan di berikan
penghargaan atau hadiah , dan dapat memotivasi siswa untuk terus
berprestasi. setelah proses pembelajaran
selesai saya memberikan simulasi, kesimpulan dan penguatan tentang pelajaran tersebut , saya
meminta ketua kelas untuk mempin doa sebelum pulang dan memrapihkan kursi dan
meja serta mengambil sampah yang ada di sekitar mereka .
TERIMAKASIH. SANGAT BERMANFAAT
BalasHapus