Rabu, 06 Mei 2015

Cara Pertama Kali Mengajar & Memasuki Kelas



Pertama Kali Mengajar & Memasuki Kelas 

Sebelum mengajar saya harus mempunyai RPP & Silabus agar proses pembelajaran terstuktur dan menentukan strategi , model , dan metode yang sesuai dan cocok dengan materi pelajaran tersebut. Strategi adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran di capai secara efektif dan efesien .

Macam-mancam Strategi Pembelajaran :
-          Strategi Pembelajaran Berorientasis Aktivitas Siswa
-          Strategi Pembelajaran Ekspositori
-          Strategi Pembelajaran Inkuiri
-          Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
-          Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir
-          Strategi Pembelajaran Kooperatif
-          Strategi Pembelajaran Kontekstual
-          Strategi Pembelajaran Afektif

Model Pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Macam-macam Model Pembelajaran :
-          Kooperatif Type
-          Kontekstual
-          Number Head To gether
-          Jigsaw
-          Make a Match
-          Think Pair & Share
-          Role Playing dll.

Metode pembelajaran adalah cara-cara menyajikan materi pelajaran yang dilakukan oleh pendidik agar terjadi proses pembelajaran pada diri siswa dalam upaya untuk mencapai tujuan.  
Macam-macam Metode Pembelajaran :

-          Metode Ceramah
-          Metode Diskusi
-          Metode Demonstrasi
-          Metode Resitasi
-          Metode Eksperimental
-          Metode Ceramah Plus
-          Metode Study Tour
-          Metode Latihan Keterampilan dll.

Ketika saya menjadi guru yang pertama kali memasuki kelas dan mengajar.  Pertama-tama memasuki kelas saya  mengucapkan salam dengan saya tersenyum anak akan merasa bangga melihat saya , menanyakan siswa sudah sarapan atau belum dan menanyakan kabar mereka kemudian sebelum memasuki pembelajaran saya meminta ketua kelas untuk memimpin doa sebelum belajar, setelah berdoa saya  mengabsen siswa, dan saya memperkenalkan diri nya kepada siswa bercerita sedikit pengalamannya saya, kemudian saya berkenalan dengan murid-murid tersebut menanyakan nama , tempat tinggal , usia , hobby dll, kemudian sebelum pembelajaran di mulai saya sebagai guru  mengkondisikan kelas agar tenang dan semangat dalam proses pembelajaran yaitu dengan melakukan ice breaking / pendinginan  seperti bernyanyi bermain terlebih dahulu agar mereka merasa senang belajar dengan saya dan tidak bosan tetapi saya sebagai guru yang baru pertama kali mengajar dan memasuki kelas sangat grogi tetapi saya berusaha menutupi itu semua  . Setelah melakukan pendinginan / ice breaking saya  menyampaikan materi hari ini dan tujuan pembelajarannya. saya menjelaskan materi tersebut tidak hanya saya sebagai guru  yang berbicara atau pun ceramah tetapi peserta didik harus terlibat dalam proses pembelajaran tesebut agar tercapai pembelajaran efektif, efesien dan bermakna karena mereka adalah pusat dari kegiatan pembelajaran serta pembentukan kompetensi dan karakter. Peserta didik harus dilibatkan dalam tanya jawab yang terarah dan mencari pemecahan masalah terhadap berbagai masalah pembelajaran. Guru hanya sebagai fasilitator, sumber belajar tidak hanya dari buku saja , tetapi yang dekat dengan kita bisa dijadikan sumber belajar seperti di lingkungan sekolah , masyarakat dll , dengan menggunakan media audio visual , gambar, video atau terjun langsung (praktek) akan lebih bermakna dan mengingat dibandingkan hanya penjelasan saja tanpa melihat langsung/nyata . Bisa juga menggunakan strategi koperatif yaitu dengan pengelompokkan tim (diskusi) dengan diskusi siswa saling memotivasi dan saling bertukar pikiran tidak membeda-bedakan dengan yang lainnya. Siswa di kelompokan 2-5 orang per kelompok kemudian mereka mendiskusikan permasalahan yang diberikan guru dan mempresentasikannya di depan kelas , kemudian guru menilai siswa dengan tes atau kuis baik secara individu atau kelompok , tes individual nantinya akan memberikan informasi setiap siswa dan tes kelompok akan memberikan informasi kemampuan setiap kelompok. Pengakuan tim yang di anggap paling menonjol atau yang paling berprestasi  akan di berikan penghargaan atau hadiah , dan dapat memotivasi siswa untuk terus berprestasi.  setelah proses pembelajaran selesai saya memberikan simulasi, kesimpulan dan  penguatan tentang pelajaran tersebut , saya meminta ketua kelas untuk mempin doa sebelum pulang dan memrapihkan kursi dan meja serta mengambil sampah yang ada di sekitar mereka .




 

1 komentar: