Minggu, 14 Juni 2015

pengertian kurikulum



PENGERTIAN KURIKULUM

Curriculum berasal dari bahasa yunani kuno , “kurir” pengantar          pelajari dan curere         tempat terpacu,  curriculum diartikan jarak yang harus di tempuh oleh pelari. Jadi kurikulum dalam pendidikan adalah sebagian sejumlah mata pelajaran yang harus ditempuh atau di selesaikan anak didik untuk memperoleh ijazah. Kurikulum seharusnya disusun berdasarkan dengan kebutuhan anak. Pembelajaran yang benar dalam kurikulum yaitu disusun berdasarkan lingkungan atau yang dialami oleh peserta didik.
·         Menurut M.Skilbeck (1984) kurikulum adalah pengalaman-pengalaman murid di ekspresikan dalam cita-cita dan tujuan “rencana” dan desain untuk mencapai sebuah tujuan.
·         Menurut Grayson (1978) kurikulum adalah untuk mendapatkan keluaran yang diharapkan dari suatu bidang studi. Sehingga memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran.

·         Menurut Donald F.Gey (1960) rumusan kurikulum :
-          Jumlah bahan pelajaran yang logis.
-          Pengalaman belajar yang direncanakan untuk membawa perubahan perilaku anak.

·         Menurut Hamid Hasan (1988) kurikulum ditinjau ada 4 dimensi yaitu :
-          Kurikulum sebagai suatu ide yang dihasilkan melalui teori dan penelitian, khususnya bidang kurikulum dan pendidikan.
-          Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis sebagai perwujudan tentang tujuan, bahan kegiatan, alat-alat dan waktu.
-          Kurikulum sebagai suatu kegiatan yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum.
-          Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.


Mata Kuliah    : Pembelajaran PKN di SD
Dosen              : Dirgantara Wicaksono, M. Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar