PENGERTIAN KURIKULUM


·
Menurut M.Skilbeck (1984) kurikulum adalah
pengalaman-pengalaman murid di ekspresikan dalam cita-cita dan tujuan “rencana”
dan desain untuk mencapai sebuah tujuan.
·
Menurut Grayson (1978) kurikulum adalah untuk
mendapatkan keluaran yang diharapkan dari suatu bidang studi. Sehingga
memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran.
·
Menurut Donald F.Gey (1960) rumusan kurikulum
:
-
Jumlah bahan pelajaran yang logis.
-
Pengalaman belajar yang direncanakan untuk
membawa perubahan perilaku anak.
·
Menurut Hamid Hasan (1988) kurikulum ditinjau
ada 4 dimensi yaitu :
-
Kurikulum sebagai suatu ide yang dihasilkan
melalui teori dan penelitian, khususnya bidang kurikulum dan pendidikan.
-
Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis sebagai
perwujudan tentang tujuan, bahan kegiatan, alat-alat dan waktu.
-
Kurikulum sebagai suatu kegiatan yang
merupakan pelaksanaan dari kurikulum.
-
Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan
konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar