PENGERTIAN KURIKULUM
Curriculum berasal dari
bahasa yunani kuno , “kurir” pengantar
pelajari dan curere tempat terpacu, curriculum diartikan jarak yang harus di
tempuh oleh pelari. Jadi kurikulum dalam pendidikan adalah sebagian sejumlah
mata pelajaran yang harus ditempuh atau di selesaikan anak didik untuk
memperoleh ijazah. Kurikulum seharusnya disusun berdasarkan dengan kebutuhan
anak. Pembelajaran yang benar dalam kurikulum yaitu disusun berdasarkan
lingkungan atau yang dialami oleh peserta didik.
·
Menurut M.Skilbeck (1984) kurikulum adalah
pengalaman-pengalaman murid di ekspresikan dalam cita-cita dan tujuan “rencana”
dan desain untuk mencapai sebuah tujuan.
·
Menurut Grayson (1978) kurikulum adalah untuk
mendapatkan keluaran yang diharapkan dari suatu bidang studi. Sehingga
memberikan pedoman dan instruksi untuk mengembangkan strategi pembelajaran.
·
Menurut Donald F.Gey (1960) rumusan kurikulum
:
-
Jumlah bahan pelajaran yang logis.
-
Pengalaman belajar yang direncanakan untuk
membawa perubahan perilaku anak.
·
Menurut Hamid Hasan (1988) kurikulum ditinjau
ada 4 dimensi yaitu :
-
Kurikulum sebagai suatu ide yang dihasilkan
melalui teori dan penelitian, khususnya bidang kurikulum dan pendidikan.
-
Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis sebagai
perwujudan tentang tujuan, bahan kegiatan, alat-alat dan waktu.
-
Kurikulum sebagai suatu kegiatan yang
merupakan pelaksanaan dari kurikulum.
-
Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan
konsekuensi dari kurikulum sebagai suatu kegiatan.
Mata Kuliah : Pembelajaran PKN di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono, M. Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar